Solusi Printer Laser HP, Canon, Xerox, Brother, Kyocera Review Printer Laser, Bisnis Refill Laserjet, Panduan Isi Ulang

Space Available for Supplier

Sabtu, 29 Oktober 2016

SOLUSI PRINTER LASER - MENGENAL PRINTER LASERJET

Apa itu Printer Laserjet

Printer dalam arti kata bahasa Indonesia adalah alat pencetak.
Sedangkan Laserjet Merupakan sebuah nama yang di patenkan oleh HP Sebagai awalan nama printer laser mereka.

Pencetak adalah peranti yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Pencetak biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu penggetil (picker) sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray). Baki ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau tinta bubuk (toner) adalah alat pencetak sesungguhnya, karena ada sesuatu yang disebut tinta atau tinta bubuk yang digunakan untuk menulis/mencetak pada kertas. Perbedaan tinta bubuk dan tinta ialah perbedaan sistem; tinta bubuk atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau sembur tinta tak butuh pemanasan, hanya pembersihan pada hulu pencetak (print-head) tersebut. mencetak di atas kertas, mencetak di kain, kaca, film putih, ebonit, dll. Ada pula kabel lentur untuk pengiriman sinyal dari pengolah pencetak ke tinta atau tinta bubuk. Kabel ini tipis dan lentur, namun kuat. Pada bagian belakang pencetak biasanya ada colokan sejajar atau USB untuk penghubung ke komputer. (sumber Wikipedia id)

Laserjet Printer


Cara Kerja Printer Laserjet Konvensional
Cara Kerja Printer Laserjet
Diagram kerja Printer Laser modul
Diagram kerja Printer Laser (sumber sprint-ink.co.uk)

Umumnya printer laserjet bekerja dengan metode sama seperti pada gambar di atas. Yaitu : Data berupa gambar dei tembakan ke Drum melalui kaca oleh komponen Laser sehingga membentuk medan magnetik pada Drum yang membuat bubuk atau serbuk toner langket ke Drum mengikuti gambar yang di transmisikan dan menempelkannya pada kertas yang masuk melalui penarik kertas. Untuk menempelkan secara permanen bubuk toner tersebut di kertas maka kertas akan melewati Pemanas yang di sebut dengan Presure Roller yang terdapat Fuser Heater Sehingga bubuk akan menempel pada permukaan kertas.

Drum
Drum Laserjet
Drum Laserjet
Drum atau Photoconducting Drum adalah media yang mengtransfer Bubuk Toner ke Kertas.
Posisi Drum pada setiap printer laser berbeda-beda, ada yang di dalam printer secara langsung, ada yang berada di dalam Catridge Printer saja. Drum yang ada di dalam printer secara langsung adalah drum yang memiliki kualitas tinggi dan dapat di pakai berulang-ulang. Sedangkan Drum yang ada di dalam Catridge umumnya hanya untuk sekali pakai saja.

Toner

Serbuk Printer

Serbuk Fotocopy
Serbuk toner pada umum dan awalnya adalah berupa campuran dari karbon bubuk dan bubuk besi campuran ini masih di gunakan oleh produsen Printer HP dan Canon. Serbuk tipe ini masih menggunakan magnet sebagai penghantar serbuk ke Drum. Pada bebrapa tahun belakangan Xerox yang merupakan penemu awal cara cetak menggunakan Laser, menemukan formula untuk tidak menggunakan sistem magnetik dan bubuk besi lagi melainkan meracik formula Toner yang ramah lingkungan dan tidak menggunakan bubuk besi.
, ,

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Printer second itu gan, bisa tapi beli catridge lagi

      Hapus
  2. printer 300an rb ada tuh yang seconan tapi biasanya no catridge mahalnya biasanya di catridgenya

    BalasHapus