Solusi Printer Laser HP, Canon, Xerox, Brother, Kyocera Review Printer Laser, Bisnis Refill Laserjet, Panduan Isi Ulang

Space Available for Supplier

Sabtu, 29 Oktober 2016

SOLUSI PRINTER LASER - KOMPONEN CATRIDGE HP 12A (Q2612A)

CATRIDGE HP 12A (Q2612A)
CATRIDGE HP 12A (Q2612A)
BENTUK CATRIDGE

Catridge ini bekerja pada jenis printer :
Printer HP Laserjet 1010
Printer HP Laserjet 1010
Spareparts yang tersedia atau yang dapat di ganti beserta fungsinya :

1. Body Catridge 12A atau dalam kode catridge dari Produsennya (Q2612A):
Body Catridge 12A (Q2612A)
Body Catridge 12A (Q2612A)
Body Catridge yang di maksud adalah body luar yang terbuat dari bahan plastik dan sparepartnya dan tanpa isi bubuk toner di dalamnya. Catridge jenis ini  terdiri dari 3 jenis yaitu -Catridge Introductory yang include saat membeli printer, - Catridge Standard original yang dibeli dari toko dalam bentuk dan dalam kotak original HP, - Catridge produksi pihak ketiga yang di kenal dengan catridge China.
Body Introductory tidak memiliki lobang samping untuk pengisian bubuk jadi diisi dari tempat magnetik roller Body standard memiliki lobang di samping yang berfungsi untuk pengisian sedangkan Body China memiliki bentuk yang hampir sama dengan body Standard tapi memiliki lekuk body luar yang berbeda.
Body berfungsi menyimpan Bubuk dan bubuk pembuangan sisa pencetakan.

2. Drum 12A
Drum 12A
Drum 12A
Drum atau Photoconducting Drum merupakan spareparts yang sangat sensitiv di dalam Catridge 12 A. Drum berfungsi sebagai penerima sinar laser dari laser unit yang berbentuk gambar atau tulisan dan setelah mendapatkan paparan laser maka drum akan berputar untuk menarik serbuk dari mangentik roller dan menempelkannya pada kertas. Drum memiliki banyak jenis bergantung pada jenis coatingan pada saat pembuatan dan jenis bahan kimia yang di gunakan. Rusaknya drum sangat berpengaruh pada hasil cetakan.

3. Wipper Blade 12A / Drum Cleanner Blade
Wipper Blade 12A / Drum Cleanner Blade
Wipper Blade 12A / Drum Cleanner Blade
Wipper blade ini berfungsi untuk membersihkan drum dari bubuk toner yang tersisa.
Permukaan Wipper yang bersentuhan langsung harus rata. Jika ada sobekan kecil berukuran 0,1 mm saja maka hasil cetakan akan ada garis lurus Vertikal.

3. PCR (Primary Charge Roller)
PCR 12A
PCR 12A
PCR atau Primary Charge Roller berbentuk seperti roll karet pada besi yang berfungsi sebagai penetral arus listrik atau berfungsi bekas paparan laser pada drum.PCR harus terkoneksi pada jumper body dan terkoneksi pada konektor listrik pada dudukan catridge di dalam printer. Jika PCR tidak terkoneksi pada jumper atau koneksi listrik negatifnya maka hasil cetakan akan menjadi hitam seluruhnya.

4. MRS ( Magnetic Roller Slave )
MRS ( Magnetic Roller Slave ) 12A
MRS ( Magnetic Roller Slave ) 12A
Fungsi MRS adalah menarik serbuk toner yang akan menempel pada Drum dan memberikan arus listrik pada serbuk. Pada MRS 12 terdapat Magnet di bagian dalam dan Selongsong di bagian luar juga terdapat konektor daya.

5. Magnetic Hub / Konektor daya
Magnet Hub 12A
Magnet Hub 12A berfungsi untuk menghubungkan arus listrik pada selongsong magnet agar dapat menarik bubuk atau toner lebih menempel pada mrs dan juga dapat menempel pada drum. Jika konektor ini rusak maka toner tidak akan menempel pada drum dan hasil cetakan akan menjadi belang-belang atau tebal tipis atau bahkan tidak ada cetakan pada kertas.

6. Doctor Blade / Magnet Blade
Doctor Blade / Magnet Blade 12A
Doctor Blade / Magnet Blade 12A
Doctor blade berfungsi untuk mengatur tebal tipisnya bubuk pada MRS. Jika Doctor blade mulai condong/ miring/ melengkung ke bawah maka serbuk pada MRS akan semakin tebal dan hasil cetakan akan menjadi tipis. Garis-garis putih tebal tipis pada cetakan biasanya karena Doctor blade kotor ataupun lecet pada permukaan.

7. Magnet Bushing
 
Magnet Bushing 12A
Magnet Bushing 12A
Magnet Bushing berada di kiri dan kanan MRS yang di pasang pada mrs menjadi perantara antara Body dan MRS. Bentuk yang lebih panjang berada di sebelah kanan di samping gear, sedangkan yang lebih pendek berada di sebelah kiri di dekat Magnetic Hub.

8. MRS Gear
MRS Gear
MRS Gear 12A (gambar berbeda dengan aslinya)
MRS gear ini di pasang pada MRS dan harus terkoneksi pada Gear lain pada body dan terkoneksi pada drum saat bersamaan. Jika gera rusak maka mrs tidak berputar dan tidak ada hasil cetakan. Gear sebaiknya di lumasi agar berputar sempurnah.

9. Spring 12A
 
Spring 12A / Kawat penarik body
Spring 12A / Kawat penarik body
Spring 12A / Kawat penarik body berfungsi menarik body luar dan dalam agar berada pada posisi yang benar. tanpa spring maka hasil cetakan akan tipis sebelah.

10. Spring Tutup Drum
 
Spring tutup body 12A
Spring tutup body 12A. Aslinya salah satu ujung lebih panjang gambar ini hanya illustrasi
Spring tutup body 12A Berfungsi agar tutup pada drum berfungsi atau tertutup saat Catridge di ambil dari printer dan terbuka saat di masukan ke dalam printer.

Sekian untuk pengenalan sementara untuk spareparts Catridge 12A masih ada beberapa sparepart yang belum sempat di bahas seperti konektor PCR pada body yang mungkin akan di bahas pada Troubleshooting nantinya.

Terimakasih sudah membaca. Klik disini untuk info
,

1 komentar: